Kerjasama Aktivaku dengan PT BPR Karunia Kanaka

17 Juni, 2022 by aktivaku

Aktivaku resmi bekerja sama dengan PT BPR Karunia Kanaka untuk menambah jaringan penyaluran dana khususnya untuk produk Credit Takeover (AktivaSwitch) dan Pembiayaan Produktif (AktivaStart dan AktivaFlow) Founder dan CEO Aktivaku Ricky Gandawijaya mengatakan kerja sama kedunya sekali lagi mengkonfirmasi bahwa fintech P2P adalah pelengkap perbankan khususnya dalam mewujudkan akses pembiayaan yang inklusif. “Kami di Aktivaku mengapresiasi kepercayaan yang diberikan oleh grup BPR Karunia Kanaka dan Bank Dana Raya kepada kami. Manfaat kerja sama ini kami harapkan tidak hanya dirasakan oleh Aktivaku dan BPR Bank Karunia Kanaka dari sisi bisnis, namun terutama memberikan manfaat bagi dunia usaha kecil – menengah dan masyarakat yang belum memiliki akses pembiayaan ke perbankan di Indonesia,” katanya dalam keterangan resminya di Manado (15/6/2022).

Tofan Saban, Co-Founder dan COO Aktivaku menambahkan kolaborasi antara BPR dengan P2P lending semacam ini merupakan salah satu bentuk kontribusi nyata di industri jasa keuangan. Hal ini juga sesuai dengan arahan dari OJK yang mendorong BPR untuk dapat berkolaborasi dengan fintech. BPR membutuhkan teknologi yang dimiliki oleh fintech dan sebaliknya fintech membutuhkan sumberdaya yang dimiliki oleh BPR dalam bentuk mitigasi risiko maupun pendanaan. Hal ini turut mematahkan anggapan bahwa fintech adalah pesaing baik, karena peran fintech justru melengkapi fungsi perbankan khususnya dalam memenuhi permintaan masyarakat terhadap akses pembiayaan legal yang lebih praktis.


Aktivaku menawarkan produk-produk pembiayaan produktif seperti inventory financing, invoice financing dan credit takeover loan yang penyaluran dan pengelolaannya didukung oleh pemanfaatan teknologi digital yang komprehensif.

Dalam hal BPR menjadi lender institusi, fintech P2P lending yang memiliki keterbatasan dalam SDM dan bergantung sebagian besar pada infrastruktur digital, bisa lebih mudah menyalurkan pinjaman ke wilayah BPR terkait yang memiliki kelebihan dalam memahami budaya masyarakat lokal, terutama pelaku usaha lokal yang akan menjadi peminjam dana (borrower). BPR juga memiliki kecenderungan sanggup merangkul nasabah loyal, karena prinsip bisnisnya erat berkaitan dengan kedekatan personal dengan warga setempat. 

Sebagai pionir fintech lending yang menawarkan produk Credit Takeover, Aktivaku berkomitmen untuk menjadi jembatan dan solusi bisnis secara digital bagi para pengusaha dari segala macam segmen. Aktivaku telah terdaftar sejak 2018 dan berizin OJK sejak tahun 2021.